Menjadi Staf

Sungguh berat tugas seseorang yang menjadi staf atau bawahan, karena harus merendahkan diri dan egonya agar mau diperintah dan dipengaruhi orang lain yang terpilih atau dipilih sebagai pimpinan atau direktur.

Syarat mutlak staf adalah :

  1. Memiliki keterampilan atau kompetensi sehingga mampu bekerja di bawah tekanan.
  2. Tahan mental (mental sekeras baja) terhadap perintah yang datang bertubi-tubi dan kadang tidak masuk akal.
  3. Rela menderita (bagian dari mental baja) sebab kadang kala akan diperlakukan benar-benar seperti orang bawahan.
  4. Mampu menahan diri terhadap kekesalan atau tahan tidak berbicara selama “menderita” menjadi bawahan dengan sukarela atau tepatnya “tabah”.
  5. Mau diperintah oleh pimpinan, faktor ini yang paling mahal dan menghambat seseorang diterima menjadi staf karena egonya tidak mau berada dalam pengaruh orang lain.
  6. Tidak boleh banyak bicara atau protes, lakukan saja instruksi yang diberikan oleh pimpinan tapi pikirkan dan pertimbangkan akibatnya jika tidak dikerjakan dan juga apabila dikerjakan.
  7. Setia dan loyal terhadap pimpinan adalah hal mutlak menjadi bawahan.
  8. Teguh pendirian dan tidak mudah putus asa.
  9. Berkomitmen tinggi terhadap pekerjaan hingga hanya pekerjaan itulah yang menjadi tujuan utamanya, bukan yang lain (tidak ada agenda tersembunyi dalam diri seorang staf).
  10. Belajar seperti anggota militer yang disiplin.

Jika orang-orang yang akan kita pertimbangkan menjadi staf atau anggota yang membantu tugas pemimpin, minimal memiliki daftar syarat seperti yang di atas. Jika tidak memenuhi semuanya, minimal 80% maka dapat diduga keberhasilan rekrutmen staf karena memenuhi standar normatif sebagaimana yang tertulis.

Menjadi Staf