Mobil-mobil Toyota

Keinginan memiliki mobil merupakan impian semua orang yang hendak menunjukkan prestise atau gengsi bahkan bisa juga karena didesak keperluan membawa anggota keluarga yang banyak karena tidak mampu dibawa lagi dengan sepeda motor. Mobil atau kereta adalah sarana transportasi lebih lanjut dengan kapasitas yang lebih besar dan dapat membawa barang yang banyak.

Kebiasaan yang sering yang saya jumpai adalah kendaraan yang salah peruntukkan dan penggunaan. Apalagi di Kalimantan Tengah ini banyak sekali keinginan penumpang merasakan jarak jauh dengan nyaman sehingga sering sekali kendaraan roda 4 yang dipergunakan untuk mengangkut penumpang (sebagai rent car atau sebagai angkutan antarkota) adalah kendaraan-kendaraan mewah (luxury).  Lebih banyak Totoya Innova tahun terkini yang dipergunakan sebagai angkutan penumpang memang pasaran dari produsen mobil papan atas tersebut di tipe minibus.

Tetapi bukankah lebih elegan jika Suzuki APV yang luxury sekalian digunakan untuk mengangkut penumpang dan daya muat barang maupun manusia yang cukup lega. Tetapi yang memberi kekurangnyamanan suzuki APV adalah terlalu tinggi dan suspensi yang terlalu kaku (rigid) berbeda dengan suspensi goyang yang terjadi dalam Toyota Innova.

Dengan varian Toyota Innova yang baru (saya ditunjukkan oleh sales Wira Toyota yang juga siswa saya di SMAN-1 Palangka Raya dulu sekitar 12 tahun yang lalu😀 ) saat saya berkunjung merawat kendaraan avanza metalik. Varian Innova ini terjadi perubahan pada bagian depan (terutama lampu-lampu) baik lampu sorot utama dan lampu kabut (fog lamp). Innova terdahulu fog lamp berupa kotak, tapi varian bau ini berupa bulat dan dipermanis dengan garis metalik di sekeliling lampu (sekilas mirip Avanza tapi berukuran besar😆 ). Lampu sorot utama lebih mirip dengan lampu depan Toyota Camry demikian pula dengan grill depan.

Kemewahan yang ditawarkan Innova ini adalah kursi yang empuk, tapi seperti biasa tergantung varian yang ada. Jika diberi Varian J berarti velg mobil masih standar alloy dan bukan velg racing. Mesin tidak mengalami perubahan yang berarti hanya dibuat lebih irit dengan torsi rendah, semakin meningkat variannya ada tipe G, tipe G Luxury, tipe V, dan tipe V luxury. Perubahan yang tampak hanya pada interiornya. Contoh Tipe V Luxury Innova dengan harga sekitar 300 jutaan sudah tersedia DVD player, kemudian LCD Monitor untuk penumpang di depan dan belakang serta captain seat untuk penumpang yang berada di tengah. Kapasitas Seri V (baik yang luxury maupun tipe V standar) hanya menampung 6 orang penumpang selain driver (supir). Tambahan yang luar biasa di Innova V luxury adalah rear dan back sensor sehingga sensor depan dan sensor belakang berjumlah keseluruhan enam sensor (termasuk sensor mundur). Kemudian tipe V luxury ini memiliki back camera jika ingin melihat lintasan yang di belakang mobil dengan pandangan keseluruhan (ibaratnya melihat dengan kaca spion besar seperti di Mal-Mal).

Perbedaan antara Innova tipe G dan tipe V adalah pada velg. JIka pada tipe G velg roda cadangan adalah velg standar dengan empat ban lain dengan velg racing alloy. Sementara pada tipe V ke-5 rodanya (termasuk roda cadangan) sudah dipasang dengan velg racing. Kadang kala ada keberuntungan dari over stock anda bisa mendapatkan diskon pembelian hingga 5 – 10 juta dari model varian lama. Sayangnya saya belum memiliki uang sejumlah yang ditawarkan sales toyota untuk membawa pulang Yarris atau Innova tipe G dan tipe V stock lama tersebut😀 tapi dalam waktu 20 tahun lagi barangkali akan cukuplah😆 …

Yang menjadi primadona Toyota adalah kendaraan sejuta umat yakni Toyota Avanza, semenjak tahun 2009 mobil ini dijual dengan tambahan sensor mundur (khusus untuk Tipe G) yang ditempel pada grill belakang yang terbuat dari plastik. Walaupun secara keamanan, kemapanan back fender avanza ini jauh dari puas tapi tambahan sensor belakang cukup lumayan. Karena dengan adanya sensor mundur, otomatis kerusakan back back fender bisa diminimalisir kan ? kecuali jika mobil itu ditumbuk dari belakang oleh pengendara yang tidak sabaran. Saran ekonomis : sebaiknya tidak usah dibelikan sensor belakang tetapi dipasang back fender yang lebih kaku atau rigid dengan harga sekitar 2,2 juta rupiah yang terbuat dari campuran baja dan chrom. Jika tetap menginginkan avanza dengan sensor belakang anda bisa mempertimbangkan Avanza tipe S. Omong-omong bentuk atau model Avanza di tahun 2011 atau 2012 ini akan berubah total jadi tunggu saja perubahannya supaya tidak rugi dalam hal model, kecuali anda yang ngebet banget ingin punya avanza buruan saja dibeli😀

Toyota Innova ditawarkan dengan harga yang bermacam-macam (khusus untuk Palangka Raya) yang harganya juga cukup tinggi dan perlu diingat harga tinggi ini diikuti dengan layanan purna jual yang memuaskan dan servis mobil yang patut diberi dua jempol (saya sudah lebih dari 7 kali menyervis mobil-mobil di bengkel Wira Toyota ini dan cespleng).

Harga Toyota Innova Seri G standar sekitar 260-an juta, Seri G Luxury 285 jutaan, Seri V biasa mendekati 295 juta, dan seri V Luxury sekitar 305-315 juta. Apalagi Fortuner mencapai angka 455-550 juta😀 .. Vios berkisar di 280-an juta, Toyota Yaris Seri S sudah di atas 200 jutaan, Avanza tipe G saja sudah menyentuh 170 juta belum yang tipe S sudah mencapai 190 juta. Ini adalah harga-harga baru (dalam bahasa saya urak bungkus). Tentunya ingin lebih murah anda patut mempertimbangkan mobil 2nd.

Kebiasaan yang sering diremehkan para pembeli mobil baru adalah perawatan kendaraan atau maintenance yang tidak rapi serta tidak teratur. Mobil itu ibarat manusia yang semakin tua mesti semakin rajin check up kesehatan. Check up kesehatan mobil di bengkel Wira Toyota selain pelanggan dihargai sebagai manusia adalah jaminan waktu penyelesaian mobil anda. Hal ini jarang bahkan tidak pernah saya temui saat saya masih menggunakan jasa bengkel abal-abal. Ya wajar saja, biaya yang mahal, cost tinggi untuk merawat mobil di bengkel resmi dibanding bengkel abal-abal tentu saja sangat jauh, tapi kesan manusiawi lebih terasa serta dengan advisor yang handal lebih memuaskan pemilik mobil yang tidak ingin kendaraannya rusak begitu saja lalu ditinggal sedemikian rupa di bengkel abal-abal.

Biaya perawatan untuk penggantian oli pelumas bisa mencapai 400 ribu itu sudah termasuk jasa merupakan biaya yang mesti dikeluarkan setiap 5000 km pemakaian (terbaca di odometer). Belum hal-hal lain bisa saja membengkak dari jumlah tersebut. Pernah saya membayar hampir 800 ribu untuk penggantian pelumasan ini yang ternyata memang kendaraan saya harus disetting ulang pengaturan minyak pelumasnya dan saya merasa lebih terjamin karena segala keperluan pelumasan mesin sudah dikelola sebagaimana standar Toyota. Harga yang mahal dengan hasil yang memuaskan adalah wajar tanpa pengecualian😀

Nah, tinggal anda tentukan keinginan, apakah membeli mobil baru saja (harganya sudah demikian) perlu juga ditambah dengan perawatan di bengkel resmi dan terjamin serta aman (juga memiliki biaya yang tidak sedikit).

Pilihan lain adalah membeli mobil 2nd tapi dirawat di bengkel resmi adalah pilihan ekonomis yang saya jalani dan saya sarankan😀 apalagi jika harga mobil baru saja sudah demikian bagaimana jika anda menjual mobil 2nd dengan 3/4 harga baru tersebut? Cukup mengesankan bukan?

Mobil-mobil Toyota