Hati-hati memposting sesuatu tentang institusi anda

Berikut adalah agregat yang sempat saya baca di detiknews.com yang ada news stickernya di blog ini. Dilaporkan tiga orang siswi sebuah SMK di Bogor telah dikeluarkan pada tanggal 14 Februari 2011 yang lalu karena memposting sebuah tulisan dengan judul “Sekolahku Korupsi Loh” yang ditaruh di pacebook …

Kita semua tahu, notabene apa saja yang ditulis di pacebook itu bisa khayalan, berita tak berdasar, tuduhan, namun ada kalanya perlu disikapi dengan investigasi.

Tapi karena pihak lembaga yaitu SMK di Bogor tersebut sudah merasa jengkel dan terpukul dengan perilaku yang ditunjukkan ketiga siswinya tersebut ~ mungkin dengan sedikit merasa ada kekuasaan ~ ketiga siswi tersebut harus ditendang keluar sebagai “pelajaran” karena melawan, mencerca, menghina, dan mendiskreditkan lembaga pendidikan tersebut tanpa fakta (loh bisa saja faktanya ada, kan mereka juga saksi sekaligus pengamat yang ada dalam sekolah tersebut !).  Walaupun hanya memberi komentar dan tanda “like” dalam posting FB tersebut, ketiganya harus kelimpungan lagi mencari sekolah lain. (Ini di Bogor lho …. sudah ada kejadian di tempat kita ini, yaitu siswa SMP yang ngatain sekolahnya macam-macam lalu ngata-ngatain gurunya di FB akhirnya “kena tabok” eh lalu gurunya yang disidang  untuk mempertanggungjawabkan perbuatan tabokannya itu😡 ) … edan gara-gara pacebook !

Tapi semua hal ini mungkin saja terjadi, bahkan di negara di menganut democrazy sekalipun, ada yang macam-macam di pacebook langsung hang out dan angkat koper dari sekolah itu.

Makanya posting yang bagus-bagus atau yang konyol saja sekalian, jangan merendahkan martabat dan lembaga yang kita bina kita asuh dan kita ikuti seperti sekolah, kantor, perurusan dan macam-macam.

Posting hal-hal yang menyegarkan saja untuk meningkatkan aktualitas diri kita selaku pemosting terkini … menuju citizen journalist. Jangan lukai journaliship dengan hal-hal yang tidak berdasar dan tuduhan semata-mata karena Bohong itu DOSA !

Hati-hati memposting sesuatu tentang institusi anda

2 pemikiran pada “Hati-hati memposting sesuatu tentang institusi anda

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s