Penugasan Mode Baru

Menjelang akhir tahun pelajaran 2008/2009 dan menyambut tahun pelajaran 2009/2010, semakin gencar digunakan teknologi informasi sebagai sarana penyampaian tugas maupun hasil pekerjaan. Sekilas terlihat mubazir dan memboroskan biaya, namun sebenarnya ini besar sekali manfaatnya bagi kami yang harus bolak-balik ke luar kota demi mengejar cita-cita sambil melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih serius.

Sementara ini karena organisasi pengelola fasilitas teknologi informasi di sekolah benar-benar rumit dan “remuk”, maka fasilitas tersebut terbengkalai dan hanya menjadi tontonan semata tanpa digunakan secara optimal. Hendak memanfaatkan wifi, eh ternyata cuma sinyal tanpa bisa berinternet.

Padahal, besar dan berguna sekali. Sementara keadaan ini semakin hari semakin memprihatinkan ~ belum ada juga sedikit perubahan dan peralihan.

Kami prihatin kepada para siswa juga warga lain yang ingin mengoptimalkan fungsi fasilitas dimaksud, namun selalu terhalang atau lebih tepatnya dihalang-halangi oleh oknum-oknum tertentu. Sungguh ironi sekali.

Tapi menurut saya wajar saja dalam organisasi ada yang begitu, ada pro ada kontra sebab sekarang saatnya regenerasi atau reorganisasi di institusi ini. Tapi setelah kegiatan sosialisasi jardiknas kemarin, saya yakin dan percaya pimpinan sekolah kami yang baru tentu tidak akan tinggal diam menyaksikan keadaan yang “memilukan” tersebut.

Ada pepatah, Tidak ada rotan akar punjabi eh pun jadi … jadi apa ya ? Maka jika memang pelajaran TIK di kelas-kelas tidak dilaksanakan, maka pelajaran tersebut tetap terjadi dengan sendirinya di warnet atau di rumah siswa yang sudah terpasang internet he😀 … jadi tidak susah.

Hanya saja, bagaimana pertanggungjawaban kepada ortu dan wali siswa yang sudah mati-matian membayarkan uang tahunan yang di dalamnya terdapat biaya pengelolaan TIK😀 …

Terlepas dari semua hal di atas, penugasan mode baru yang dimaksud adalah dengan memanfaatkan fasilitas TIK sekolah jauh lebih optimal dibandingkan sebelumnya melalui berbagai program antara lain :

~ jaringan internet sekolah
~ jaringan internet guru (mungkin difasilitasi secara kredit dan bertahap)
~ pelatihan pemanfaatan multimedia sebagai sarana pembelajaran bagi guru dan siswa
~ program peningkatan peran Kepala Sekolah dan Komite Sekolah dalam penggunaan TIK sebagai media belajar
~ pemasangan jaringan internet lebih banyak lagi sehingga menjangkau seluruh bagian sekolah (sambungan internet nirkabel)
~ pemasyarakatan internet via GSM atau CDMA di sekolah
~ pengadaan laptop untuk guru melalui koperasi pegawai
~ pemanfaatan GPRS atau 3G untuk berinternet, telewicara dalam pengajaran

Semakin lama, judul ini semakin menarik untuk diteliti bahkan bisa dijadikan tesis atau disertasi (bagi yang berminat)

Penugasan Mode Baru

20 pemikiran pada “Penugasan Mode Baru

  1. pimpii berkata:

    mas bloger kalteng ya. salam kenal dari kalbar ya. masih satu pulau rupanya…

    salam untuk pimpii …😀 sesama blogger sepulau😀

  2. subair1955 berkata:

    Pemberdayaan pemanfaatan IT untuk administrasi dan pembelajaran harus digalakkan terus-menerus, kendala terbesar terletak pada pimpinan yang tidak paham penggunaan IT walaupun ybs mengerti manfaatnya. Gimana solusinya?

    1. sementara ini pemimpin diajak brain storming mengenai pemanfaatan TI terutama untuk mengelola administrasi dan manajemen, jika muncul efisiensi dan efektivitas … insya allah akan ada pencerahan dan memberi dorongan kepada Beliau untuk memandang TI sebagai sarana percepatan gerak dan langkah organisasi sekolah dalam mencapai tujuan pak.

      Pokoknya jangan lelah mengadakan diskusi dan brain storm kepada pimpinan anda dan juga jika dapat Anda menjadi juara karena memanfaatkan TI ini, salah satunya dengan mengikuti lomba pembuatan multimedia, atau mengikuti lomba blog oleh depdiknas (salah satunya Pustekkom, bakal ada e-learning award lagi tahun 2009 sekitar bulan juni ini dinominasikan pesertanya)

  3. hasymimaria berkata:

    Ooooh….
    Gne az pak…

    Kalau tdak ada guru TIK c nda papa pak…

    Tapi ya ruang komputernya tu wonk di buka saja…
    Dibebaskan lah ank2 itu masuk…
    Atau d luar di beri jadwal kelas siapa saja yang boleh masuk pada hari itu…
    Dan di setia kelas itu ada penanggung jawabnya…

    Kan jadinya kmputernya berguna pak..

    1. benar sekali, dengan perubahan struktur pengelola ruang multi dan ruang lab kom … harapan ami akan terwujud beberapa saat lagi,.
      Terutama pemasangan hot spot akan lebih banyak … biar tidak melulu bergerak ke dalam lab komputer untuk nge-net

  4. rasyid apaadanya berkata:

    TIK…
    bisa dipelajari sendiri dan tanya sana-sini sama pakarnya, kalo udah ada guru TIK, pelajaran di sekolah dilakukan sebagai pengembangan…💡

    1. pengembangan yang saat ini sepertinya masih mengambang, sebab pemberi kebijakan saat itu pun belum mendapatkan kenikmatan dan esensi menggunakan TI sebagai salah satu sarana efisiensi kerja dan promosi atau pencitraan sekolah

  5. rheyna berkata:

    memang kami punya komputer di rumah masing-masing tapi saya yakin sebagian siswa hanya mampu mengoperasikan komputer secara standar..
    jadi jelas pengetahuan kami di bidang TIK itu sangat minim..
    maka dari itu diperlukan adanya tenaga pengajar..

  6. rheyna berkata:

    malah kalo setiap hari sabtu kami cuma belajar biologi saja..
    karena kami ga ada gurunya lantas kami malah pulang ke rumah masing-masing..
    masalah ini memang harus diperhatikan..

  7. rheyna berkata:

    iya pak bener banget itu..
    kelas kami malah udah hampir sekitar kurang lebih 3 bulan tidak belajar TIK sama sekali..
    tapi memang mungkin kami agak menyepelekan pelajaran TIK, kami tidak pernah protes bahkan komplenn pada sekolah karena ga pernah belajar TIK..

  8. rizkametyaPARK berkata:

    wah, saya pernah nyoba wi-fi di skolah kita tu pak, tapi gak bisa~ apa udah ga bisa dipake lagi? padahal dulu saya pernah coba pake hape, bisa lo😆

  9. hasymimaria berkata:

    Buat kyk qmi yang nda punya internet d rmh,low nda ada pelajaran TIK tu…

    Katanya smada ada internetnya..
    ada WiFi na lage..

    kog kyk na qta jarang menggunakannya..

    o y pak…smada juga pnya ruang kmputer…

    berarti murid boleh dunk pas jam sekolah itu mengetik atau mengeprint di sana…??

  10. grace_XI IA2 berkata:

    kALO GA KEMAJUAN TEKNologi…ga tau dech gemana hidup kita sekarang…
    Nyari informasi yang makin luas susah kalo harus buka buku….
    Sekarang kana ada internet..
    Bersyukurlah….

  11. grace_XI IA2 berkata:

    Kita memang ga bisa lge menghindari kecanggihan teknologi…
    Bahkan dah menjadi kebutuhan pokok kita….

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s