Kantin Sehat

Berdasarkan Agenda program Bidang Pengembangan Jasmani Departemen Pendidikan Nasional, sebanyak 12 sekolah di Kota Palangka Raya diberikan Block Grant untuk penataan Kantin agar menjadi Kantin Sehat.

Apakah Kantin Sehat ?

Kantin yang mengedepankan pemenuhan gizi, pengelolaan dan pengolahan jajanan anak sekolah yang higienis serta tersanitasi dengan baik, yang bahan makanannya tidak mengandung bahan berbahaya yaitu pewarna, pengawet, dan penyedap yang berlebihan.

Melalui bimbingan teknis yang diadakan selama 2 hari di SMK Negeri-3 Palangka Raya, 4 SD, 4 SMP, dan 4 SMA yang mengirimkan utusan untuk membuat proposal dan menerima pengetahuan maupun menyebarluaskan informasi mengenai kantin yang sehat ini.

Pengalaman saya setelah mengikuti ini, luar biasa repotnya menyusun anggaran biaya penataan kantin yang “hanya” mendapat dana hibah sebesar Rp 10 juta. Untunglah, ibu Kepala Sekolah beserta ibu Bendahara Koperasi maupun ibu Ketua Komite dengan tekun dan santai menyelesaikan kegiatan sampai akhirnya proposal disetujui beserta RAB-nya.

Intinya : Trik yang mesti diingat dalam membuat RAB block grant berapapun biaya yang diberikan😆

  • Dalam membuat proposal jangan asal main copy paste😀
  • Menyalin template proposal harus dibaca yang teliti dulu dan jangan buru-buru dikejar waktu
  • Harus punya flash disk sendiri (jangan pinjam)
  • Harus bawa printer sendiri (karena nge-print antri … walau akhirnya ibu Kepala SMK-3 sempat menawarkan ngeprint di kantornya, namun berhubung sudah hampir selesai revisi dan disetujui fasilitator akhirnya batal😀 hehe )
  • Harus bawa laptop yang punya DVD drive (jangan bawa netbook sekalipun punya flash disk) karena susah dapatin templatenya (tak bisa di-capture di netbook)
  • Harus kuat jasmani dan rohani, serta sabar – kalo emosian bakal nggak selesai dan proposal dibuang😀
Kantin Sehat

90 pemikiran pada “Kantin Sehat

  1. idha07 berkata:

    kantin sehat itu harus benar-benar bersih…..
    bukannya ibu kantinnya aja yang harus menyediakn makanan yang sehat dan bergizi, tapi murid-murid juga harus memelihara kantin supaya sampah nggak bertebaran di lantai

  2. grace_XI IA2 berkata:

    Saya sekarang jarang ke kantin..
    Malah rajin ke KOPSIS….
    Kopsis sekarang beda dengan yang dulu….

  3. vaniia3 berkata:

    program penataan kantin sehat sangat bagus tu pak….
    kantin yang sehat dan bersih sangat bermanfaat pak…

    kantin kita juga yang sekarang lebih bagus dari yang dulu pak..
    juga lebih dekat….hee..

  4. putreeia5 berkata:

    Kantin smada yg sekarang sudah Lebih baik dan banyak peningkatan dari yg dahuLu pak…..
    HeHe… Baks0 smadanya juga ada……
    Hampir tiap hari kami makan disitu sampai peda beLai…. HaHaHa :-)………

  5. grace_XI IA2 berkata:

    Untung aja kita punya kantin yng nyaman itu dijadikan tempat makan…..
    Truss ibu dan bapa2 kantinnya ramah dan suka bersih2 lage…
    ]Jadi kita para pembeli nyaman dech…..

  6. run7 berkata:

    Tp kalo di kantin kita ada beberapa warung makanan yg kebersihan sendok dan gelasnya kurang diperhatikan pak…
    Apa tdk ada solusinya pak???
    Karena kami(nama dsamarkan demi keamanan) sudah pernah bilang ke pekerjanya supaya lebih bersih mencucuinya…
    Tp gak da perubahan…

  7. run7 berkata:

    semoga dengan adanya kepala sekolah yang baru bisa membawa angin segar bagi Smada PAlngka Raya…
    Lap. Basket…
    Kantin…
    Dll
    Mari kita mulai dengan lembaran yang baru….
    hehehehe(kaya caleg gepidato)

  8. grace_XI IA2 berkata:

    Kantin KEJUJURAN yang ada di SMADA sesuaidengan namanya…
    Proses jual belinya pun belangsung dengan jujur..
    Bahkan ada beberapa ibu kantin yang memperbolehkan siswa siswinya ngambil makanan sendiri…
    Itu merupakan suatu kepercayaan yang mencerminkan kejujuran para murid

  9. grace_XI IA2 berkata:

    Kantin kita udah layak kok menurut saya….
    Bersih rapi,….jujur lage….
    Hanya perlu diperbaharui sedikit tatanannya….
    Pasalnya aneh aja ada kantin,,,tapi kok halaman sebelahan kanan kantin itu kurang mengenakan……
    Kadang ada aroma wc yang masih saja tercium sehingga mengurangi selera makan

  10. rhopyy berkata:

    yeah,…
    kalau program ini jalannya sempurna..
    kantin kita selain namanya kantin kejujuran tapi juga sebagai kantin bersih dan sehat..
    itu lebih baik dan terbaik…

  11. rhopyy berkata:

    kalau kantin kita bersih..
    pasti teman-teman banyak yg istirahat pada nongkrong disana…
    pokoknya saya dukung deh program ini…

  12. rhopyy berkata:

    wah, kalau kantin kita termasuk kantin sehat juga…
    saya bersyukur deh..hehe
    soalnyakan saya sering juga jajan makanan disitu..hehe”

  13. rhopyy berkata:

    yapp,
    moga-moga aja kantin sekolah kita bkn hanya dikatakan kantin kejujuran saja,,
    tapi juga bener-bener diterapkan dilingkungan sekolah…
    dan juga jujur dlm membuat makanannya…
    maksdnya yg bersih gtu pak,,
    kan klo bersih otomatis makanannya juga enak….
    enak dirasa, dan enak dilihat juga..

  14. kalo gitu kantin kita bakal ga sakit lagi donk….
    tapi baguslah, kalo bisa memenuhi stndar kantin sehat.
    mungkin kategori kantin sehat itu seperti ini :
    1. tersedianya air bersih
    2. ada tempat cuci tangan
    3. yang jelas bebas berlebihan 3P (pengawet, pewarna, penyedap)
    4. kantinnya bersih.
    5. kalo bisa tidak hanya bersih tapi juga murah hehehe.

  15. riasaputri berkata:

    kantin yang sekarang jauh lbh bguz daripada yang dulu……
    dan saya rasa kebrsihan dan gizinya cukup terjaga,,,,,,

  16. septi9 berkata:

    kantin kita sudah mengalami kemajuan yang cukup pesat…
    sekarang menunya jadi lebih bervariasi…
    lbh banyak juga…
    yg terpenting….
    higienis….
    hehehehe
    gag ada hewan yg berkeliaran lagi pak..
    bikin nyaman….

  17. septi9 berkata:

    kebersihan yg dijaga dan tentunya bergizi jadi prioritas utama…
    semoga kantin kita juga termasuk dalam kriteria2 tersebut…

  18. grace_XI IA2 berkata:

    Saya kepengenj bisa makan bubur ayam di kantin…
    Tapi ga satu pun yang jualan bubur ayam…
    Padahal banyak low peminatnya……

  19. grace_XI IA2 berkata:

    Kantin yang sekarang dah lebih bagus daripada yang dulu…;.
    Dah lebih bagus,bersih,dan nyaman…
    Dan yang paling penting menunya lebih banyak….
    Ampe bingung mau makan apa…

  20. grace_XI IA2 berkata:

    Semoga di smada terwujud suatu kantin yang sehat,.,…..
    Jadi murid ga perlu takut2 lagi kalo berbelanja…..
    Karna gizinya dah terjamin….

  21. mutiaradara berkata:

    memang perlu pak adanya kantin sehat..jadinya kebiasaan siswa/i semada yg tdk sarapan dirumah.,gizinya bisa digantikan dgn makanan yg ada dikantin qta..
    tapi..apa kandungan gizi yg ada di kantin qta ini sudah masuk standar gizi seimbang??hemm..

  22. Silverius G-Exida berkata:

    kantin kejujuran, memang ajib!!! sayang kadang2 istirahat kedua ada yang gak ada sisanya….
    tapi tetap modal utama kita ke kantin cuma 1, tebal muka… karena kadang saya nongkrong bareng yang lain cuman buat makan krupuk…..

  23. Silverius G-Exida berkata:

    yang pasti kita harus mengajarkan pentingnya 4 sehat 5 sempurna, karena banyak orang masih pilih2 makanan, terutama sayran ataupun lebih banyak yang makan daging ketimbang ikan…
    padahal ikan mengandung omega 3 (jangan dibaca balik ntar jadi tri omega~)
    yang bagus buat tubuh dan otak~

  24. Silverius G-Exida berkata:

    asal ada susu saya gak akan protes menu makanannya apa, karena susu merupakan modal utama tumbuh tinggi seperti saya~

  25. melisamumet berkata:

    perlu tuh kantin sehat..
    pakai menu aja..

    coba skul kita kaya skul2 bule hitu..

    uang makan sudah dibayar dalam komite untuk setahun..
    jadi tinggal makan dikantin dengan menu yang sudah
    diesdiakan oleh bibi kanting..
    menu yang sehat, yang banyak sayuran berserat..

    saya kasian meliat teman2 yang sembelit..
    dengan bangganya cerita kalau mereka udah gak BAB slama 2 mingu..
    ckckckc

    smoga kantin sehat nanti bisa ngsih makanan-makanan yang benar2 sehat yang bisa membantu
    menyehatkan pelajar yang makan di kantin itu..
    supya belajar konsentrasi..

    asal jangan samapai kekenyangan..
    bisa tidur d klas dee..
    hehe

  26. lialiu berkata:

    waaaaah, asik tuch,pak….
    ada kntin shat, yg pzti mkanan na trjmin dan gag brbhaya.
    mga ajah kntin shat nya bs trus brjalan dech,pak….
    ^^

  27. anisa1412 berkata:

    kantin sehat memang sangat2 dibutuhkan untuk murid2 atopun guru2 yang tidak sempat sarapan pagi,,, jadi bisa ngilangin rasa lapar…..

  28. rasyid apaadanya berkata:

    point2 yang penting diingat…
    untuk point ke-3, bukan hanya untk data kegiatan semacam diatas..
    teman2 juga kadang pinjam flashdisk, eh tau nya pas dibalikin nambah virus…
    point ke-3 emang penting, wajib diwajib2nya, he14x 💡

  29. khairunisa berkata:

    kantin sehat mantap dh heheh
    makanan di kantin kita juga udah lumayan enak – enak semuaaa hehehehe apalagi kalo sehat semua ( uang jajannya aj yg kurang )

    jadi kantin sekolah sehat jajan juga terjamin .
    amin

  30. nikilauda2810 berkata:

    daripada jajan di sembarangan tempat yang belum tentu kebersihanya maka jajan lah dikantin kejujuran yg sudah dijamin kebersihannya.

  31. rb13 berkata:

    kantin kejujuran yang sehat.
    sudah jujur, nggak KKN, lalu bersih, kemudian sehat dan higienis. selama isi kantong dan dompet nggak longsor gara-gara hujan makanan sehat . . . ^_^
    maklum, dengan kantin yang sekarang aj udah bikin lapar makan dan lapar mata . . .

  32. annamartheaveronicha berkata:

    Kantin sehat itu harus identik juga dengan makan makanan yang bergizi..

    yang banyak vitaminnya…

    biar para siswa siswinya sehat-sehat dan gak sakit-sakitan..🙂

  33. annamartheaveronicha berkata:

    kantin sehat itu kantinnya harus bersih..

    dari cara pencucian piringnya, gelasnya, sendok, garpu..

    rata-rata sih kalau aku liat di palangka ni dikit sekali yang bisa dibilang bersih kantinnya..😦

    terkadang masih berminyak, bersabun dll..

    jadi hilang nafsu makan..

    yah semoga aja SMADA bisa jadi kantin “Sehat”..🙂

  34. triaia2 berkata:

    semoga saja program penataan kantin ini..

    bisa berjalan dengan lancar ^^

    dan lebih mengedepankan pemenuhan gizi, pengelolaan dan pengolahan makanan yang higienis..
    sehingga kesehatan anak murid pun terjamin…

  35. triaia2 berkata:

    ehmm.. kantin sehat.. !
    boleh tuh pak…..

    bisa bnyak mnarik minat palajar yg lebih bnyak untuk makan dan ja”n d kantin.

  36. mayangbhi berkata:

    ooh………..
    jaminan gizi murid emang perlu dipikirkan, masalhnya apa ada makanan yg bergizi cukup dan bersih tetapi hargannya yg sesuai dengan kantong anak pelajar…….?
    kalau ga ada, bisa” ada aza yg milih ga makan di kantin karena harganya mahal………
    ntar lo ga makan pingsan lagi……….
    semoga aza para ibu kantin yg berjualan dapat mencari solusinya………..
    amien…………
    makanan sehat dan bergizi tatapi tetap murah……
    ha………..

  37. fiax22 berkata:

    pak…

    memang makanan d kantin harus higienis dan bergizi…..

    tapi harga na harus sama kantong pelajar sekarang…

    klo gak ga da yang beli….

    ^^

  38. fiax22 berkata:

    usul buat kantin Qta ,,,,,

    makanan na…. klo isa bervariasi tiap minggu….

    jangan lauk na mie, soto, lontong. ayam, mie, soto, lontong. ayam, …..

    bosaNNNNN……..

  39. brata013 berkata:

    kantin smada yang sekarang jauh lbih bersih dari yang terdahulu, dengan posisi yang strategis(dekat dengan ruang kelas), sehingga setiap hari kantin semakin ramai. di dukung dengan jajanan sehat serta makanan yang bergizi dan beraneka macam sehingga para konsumen tidak cepat bosan.

  40. qgabriela berkata:

    saya sngad senang dengan kantin skollah yang baru,karena lebih bersihh dari kantin yang berda d blkang skollah..
    mkanannya pun terlihat lebihh terjamin kebersihannay..

  41. angghi berkata:

    dengan adanya program penataan agar menjadi Kantin Sehat, maka kantin tidak terlihat semrawut lagi. kantin yang teratur dan bersih semakin memberi kesan nyaman kepada para penikmat masakan kantin.

  42. erainz berkata:

    daripada kita jajan jajan yang ga penting,,
    mending kita jajannya di kantin smada ajah,,
    udah jelas kebersihannya,,
    makanannya juga udah ada variasi baru…
    kekekke

  43. angghi berkata:

    kantin dengan pemenuhan gizi yang baik akan semakin menunjang kemampuan berpikir otak…..
    semoga saja dengan adanya kantin ini menu yang disajikan akan semakin bermutu.

  44. iendri berkata:

    kantin kita thu emang udah lengkap, banyak makananya tapi, juga lumayan bosan gra2 makanannya itu2 aja..
    mungkin harusnya sebulan sekali menunya di ganti..

    hehehe

  45. nikilauda2810 berkata:

    apalagi anak2 pada bosen makan yang itu2 juga pak coba tiap hari atau tiap minggu berubah makanan yang disediakan.

  46. nikilauda2810 berkata:

    saya mengusulkan pak buat kantin ini supaya menambah kreativitas makanan yang dijual belikan setiap harinya pak. misalnya ada yang jual soto di 2 tempat lebih baik tempat yang satunya jangan buat soto juga. cari ide buat jual makanan yang lain misalnya buat bubur ayam atau yang lainnya.

    wew … yang jualan di kantin smada memang rada-rada nggak bisa mikir begitu menyajikan makanannya … mana ada yang masih jorse😀

  47. nikilauda2810 berkata:

    ya semoga kantin kejujuran yang sekarang bertambah nama menjadi kantin kejujuran yang sehat dapat lebih berkembang atau lebih maju dari sebelumnya.

  48. nikilauda2810 berkata:

    seperti dikantor papa saya pak juga udah dibuat kantin kejujuran tapi beda dikantor papa saya dan di sekolah klu ditempat papa saya orang yang beli bayar langsung ketempat yang sudah disediakan karena harga2nya udah ditaruh dimakanan itu sedangkan disekolah qta masih tanya harganya kepada penjual gak lansung bayar sendiri.

  49. robianur berkata:

    smoga aja kpala sekolah yang baru di smada skrang,,akan mmbwa prbhan juga trhadap prbhan kantin kita mnjdi kntin yang shat……

    jngan smpai kantin di skolah kita klah saing dngan kantin di skolah lain…..

    intinya,,,smua trgntung keaktifan smua wrga smada agar sllu mnjga kbrsihan lngkungan khususnya di kantin kjujuran smada……

  50. robianur berkata:

    waahhh….
    kntin di smada kini nma nya mnjadi kantin kjujuran yang sehat…..

    smoga aja untuk ke depannya nnti kntin di smada akan lbih baik…..
    klau yang skrang mnrut saya,,mknan yang trsdia di kntin trllu bnyak mngndung mnyak,,kan krang bgus klau gitu….
    smoga ada prbahan nntinya….
    amin….

  51. nikilauda2810 berkata:

    tidak hanya di sekolah2 saja yang dibuat kantin kejujuran pak tapi dikantor2 juga sudah dibuat kantin kejujuran.

  52. nikilauda2810 berkata:

    tapi saya gak yakin semua yang jajan dan makan dikantin kejujuran ini semuanya pada jujur. sebab pasti ada juga yang mengambil makanan tapi gak bayar pak atau pura2 dah bayar padahal belum pak.
    memang sie pak klu dasarnya udah gak jujur mau diapain lagi.

  53. nikilauda2810 berkata:

    memang sekarang banyak sekolah2 yang membuat kantin kejujuran supaya siswa-siswinya terbiasa dgn kejujuran. memang baguz diadakan kantin seperti ini supaya mengajar siswa-siswi sejak dini dgn hidup jujur tanpa da kebohongan pak.

  54. antoniorlando berkata:

    benar tuk pak … di smada harus kantin jujur dan sehat…
    supaya warga smada semuanya sehat-sehat!!!!!
    karena selain makanannya sehat-sehat tapi
    lingkungan di sekitar kantin ssmada juga harus berdih dan asri!
    jadi, biar kita makan makanan yang sehat dan ditempat yang sehat pula
    dan yang makan orang yang sehat badannya

  55. nikilauda2810 berkata:

    tidak hanya siswa2 yang jajan dikantin kejujuran ini tapi guru2 juga byk yg ikut makan disini. ya semoga saja kepala sekolah qta yang baru juga ikut makan dikantin kejujuran ini ya pak?

  56. nikilauda2810 berkata:

    apalagi kantin kejujuran ini tidak hanya ditangani oleh orang luar seperti pentol mas pur dan bakso smada tapi guru2 juga ikut menangani kantin kejujuran ini. jadi ada orang dalam smada juga yang ikut andil dalam menyukseskan program kantin kejujuran ini.

  57. nikilauda2810 berkata:

    memang sangat diuntungkan dengan adanya kantin kejujuran ini pak sebab anak2 bisa makan dengan makanan yang higenis.

  58. iNi rHeJE berkata:

    kemaren, rabu,15 april 2009 waktu istirahat kedua teman – teman saya dari fakultas UNPAR jur. bahasa Inggris ada main – main ke SMADA. merka kaget trus langsung SMS saya ..
    ” Ren .. kantin SMADA kok kaya Pasar aja ya sekarang ??????? ”
    gak saya balas sihh lagi nyatat rumus penting dari Mr. Yovie.

    tapi mereka kayanya keenakan tuh .. buktinya semua kantin mereka jelajahi sampai kekenyangan …

    semua kantin di SMADA itu mah saya rasa berkembang cukup pesattt .. kecuali yang ada di belakang .. di samping ruang multimedia .. gak pernah kedengerang kabarnya ..

    hmmmmmmmmmm ….. ????!!!!

  59. adhivosfor berkata:

    o iy pak,,,
    tadi sore saya ngeliat mobil bpak parkir di dpn smk 3,,,
    lg rapat pembahasan yang diatas tu kh pak?????

  60. adhivosfor berkata:

    salah satu yang dapat blockgrant adalah smada ya pak???
    horee,,,

    hmm,,,
    yang saya liat sejauh ini,,,kantin di smada udah maju perkembangan nya pak,,,
    kita bisa flash back sjenak ttg kantin kita yang dulu,,,
    dulu banyak Ranjau Ranjau sekutu ayam2(hhehehe,,,tw khn pak??)
    di jalan sputar kantin kita yang lama,,,
    dan cukup meresahkan warga smada utk melangkah disitu,,
    apalagi yang punya spatu baru,,,mungkin berfikir 9x tuk melangkah ke kantin yg dulu,,
    (sbelumnya maaf pak,,,saya cuman mau mengemukakan pendapat saya ttg perkembangan kantin kita tercinta di smada,,tidak ada mksud negatif atau smcmnya)
    peace,,,🙂

    trus kita bandingkan dgn kantin yang skarang,,,,
    sangat terlihat jelas perbandingannya,,,,,,
    dari segi higienis jauh lebih mantap yang skarang,,,,

    smoga dgn program yg bpak pingkul ini bisa membawa kemajuan dan perubahan utk smada kdepan,,,
    smangat,,,,
    merdekaa,,,,

  61. dika_vosfor berkata:

    Semoga program ini bisa berjalan baik di SMADA kelak,,,
    dan menjadi slah satu kebanggan warga SMADA.
    amien,,,

  62. dika_vosfor berkata:

    wah, ntar kantinnya menyediakan makanan 4 sehat 5 sempurna donk pak???
    hehe
    bagus jg nech programnya,,,
    kan anak2 nda sakit perut karna jajan…

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s