Tunjangan Profesi Guru Cair Tiap Bulan

Melalui Direktorat Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) segera mengeluarkan SK waktu pencairan tunjangan profesi guru dan mengirimkannya ke seluruh Dinas Pendidikan Provinsi se-Indonesia mulai tahun ini, guru-guru yang sudah mendapat Sertifikat Pendidika akan menerima Tunjangan Profesi setiap bulan bukan lagi harus menunggu selama tiga bulan seperti biasanya.

Direktur PMPTK, Achmad Dasuki menegaskan, untuk mempercepat pencairan tunjangan profesi guru Ditjen PMPTK telah mengadakan kerja sama dengan 31 Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) di setiap provinsi untuk membantu penyiapan berkas keluarnya SK Tunjangan profesi guru tersebut. Di setiap LPMP akan ada 10 orang yang mengurus pemberkasan tersebut nantinya, saat ini tengah dilatih.

Mengapa LPMP ?

Karena LPMP dinilai dekat dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat di setiap provinsi dibandingkan Ditjen PMPTK yang berpusat di Jakarta selain juga bisa membantu percepatan pemberkasan tersebut, terutama untuk penjejakan berkas yang kurang lengkap atau tertinggal.
Kepada Para guru yang sudah lulus sertifikasi tahun 2008, bisa menyerahkan berkas ke LPMP Provinsi melalui Dinas Pendidikan setempat.
Syarat pengurusan sertifikat pendidik :

  • Surat Keterangan Beban Mengajar 24 jam dan bisa dibuktikan dengan pembagian jam mengajar yang nyata dan jujur (?)
  • Fotokopi slip gaji terakhir
  • Fotokopi SK Pangkat terakhir atau SK Berkala terakhir
  • Nomor rekening bank yang masih aktif (pendapat penulis : disarankan ke BRI saja karena lebih cepat terutama untuk yang di daerah kabupaten)
  • Untuk guru non-PNS menyertakan surat penyetaraan golongan sebagaimana Permendiknas No. 47 tahun 2008

Kemudian LPMP akan mencatat :

  • Nama guru yang bersangkutan (sudah lulus sertifikasi 2008 )
  • gaji pokok terakhir
  • golongan atau pangkat PNS dalam lampiran SK
  • Yang kemudian akan diterbitkan SK Tunjangan Profesi guru oleh Pusat
  • Setelah SK Tunjangan Profesi Guru terbit akan dikirimkan ke Dinas Pendidikan Provinsi masing-masing

Jika tunjangan profesi guru (TPG) yang lulus sertifikasi tahun 2008 belum bisa diterima pada bulan Januari 2009, maka akan dirapel sebagaimana bulan penerimaan tunjangan tersebut. Berarti jika baru menerima bulan Februari 2009, akan dirapel dua bulan dan jika baru diterima bulan Maret 2009 berarti akan dirapel sebanyak 3 bulan. (tentunya pemerintah tidak mau berlambat-lambat dalam mengurus hal seperti ini)

Untuk tahun 2008, guru yang lulus sertifikasi sekitar 171.300 orang dari 200.000 guru yang di-kuotakan. Tidak terpenuhinya kuota tersebut karena ada beberapa kabupaten/kota yang tidak mencapai kuota guru yang ditetapkan untuk disertifikasi pada tahun tersebut.

Sementara untuk guru-guru yang belum bergelar S1 bisa ikut sertifikasi melalui Peraturan Pemerintah No. 74 tahun 2008 yang mensyaratkan Masa Kerja 20 tahun dan usia minimal 50 tahun (sesuai harapan dan aspirasi dari PGRI). Dengan demikian para guru yang masa pengabdiannya cukup panjang bisa mengikuti sertifikasi.

Selamat Berjuang dan Mari Mencerdaskan Kehidupan Bangsa.

Sumber : Kalteng Pos, Minggu – 25 Januari 2009

Karena itu marilah Kita Bisa bekerja sama dengan LPMP provinsi setempat agar harmonis dan betapa besar peran serta LPMP dalam membantu pengurusan dan pemberkasan sertifikasi guru ini. Jika ada hal-hal yang memberatkan, hendaknya dinegosiasikan atau dipikirkan dengan hati nurani yang benar-benar jernih jangan hanya terbawa emosi sesaat atau dimunculkan sebagai headlines yang malah memperkeruh suasana dan memperlambat jalannya pencairan TPG ini.



Tunjangan Profesi Guru Cair Tiap Bulan

22 pemikiran pada “Tunjangan Profesi Guru Cair Tiap Bulan

  1. Yayan Iryana berkata:

    Bagusnya memang tiiap bulan dan menyatu dengan penerimaan gaji. sama dengan tunjangsn lainnya, biar terasa penerimaannya.

    cuma bedanya kan TP dibuatkan rekening berbeda dan direkom dibuat di BRI … pak … kecuali waktunya bersamaan ya

  2. danial sedayulawas berkata:

    Sekarang umar bakri-nya tidak lagi naik ontel, tapi naik mobil pribadi.
    Kepada Bapak Ibu guru, dengan kebijakan ini ayo cerdaskan putra-putri kita.

    hahaha …. terima kasih atas pujiannya, cuma sayang … sebagian besar teman-teman saya di sini terutama yang satu instansi di kota … masih menganggap TPG sebagai hadiah, padahal besar itu tanggung jawabnya ..

  3. selalu semoga dahulu, namun yang lucunya ada sebagian yang menganggap TPG sebagai hadiah saja sehingga “gaya lama” tetap dipergunakan, tapi jangan kuatir saya percaya PMPTK tengah menyiapkan metode supervisi untuk para guru yang masih suka “gaya” seperti itu πŸ˜†

    yang penting TPG cair dulu lah ….

  4. edy berkata:

    Mudah2an dengan akan diterimanya TPG setiap bulan, semakin menambah kita para guru ini bersemangat dalam mengajar demi mencerdaskan anak bangsa…….ok.

  5. Teman2 senasib seperjuangan! Mari kita sambut niat baik pemerintah dalam menggratiskan sekolah sampai tingkat SMP dengan tetap berdedikasi tinggi dalam melayani para siswa. Ini merupakan satu indikator yg mdh2an merupakan langkah awal yg dapat meningkatkan SDM Indonesia yg punya daya kompetitif di kancah dunia, khususnya dunia pendidikan. Semoga ke depannya Pemerintah akan meningkatkan lagi program2 yg berbasis pendidikan baik kualitas maupun kuantitasnya, sehingga pada akhirnya pendidikan di Indonesia dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat dan bukan lagi merupakan barang langka dan mahal bagi masyarakat bangsa ini. Bravo Pemerintah!

    terima kasih atas komentarnya Ibu Sri πŸ˜€

  6. Ali sahrum berkata:

    Tapi kok pemerintah ngeluarkan peraturan jam wjb gr 24 jam sesuai mapel yg diampunya. Dlm praktiknya sulit dpt jm ngjr smpai 24 jam. Gmn nih?

  7. @Ali Sahrum : saya juga sudah bertanya dengan rekan saya yang mengajar di MAN dan MTs yang sudah sertifikasi, masih diproses kata mereka di tingkat pusat. Mungkin tahun 2008 ini akan dicairkan. Malah ada yang sudah lulus tahun 2007 sampai sekarang belum dapat tunjangan – mudah-mudahan usaha anda dan rekan-rekan berbuah hasil.
    Malah enak rapelnya ada yang 20 bulan ya kan bung πŸ˜€

  8. Ali sahrum berkata:

    Untuk kab sintang kalbar sdh pd tahap pngmpulan brkas, srtifkat pnddk profesional sdh ada. Lalu kapan kira2 dananya cair ya? Atau km nanti msh ngumpulkan berkas lagi. Kl dah cair pakai beli infocus utk ngajar. Canggih kan?

  9. Ali sahrum berkata:

    Saya optimis, pemerintah akan tetap konsisten dng janjinya. Nasib dan kesejahteraan guru akan meningkat, tinggal diawasi sj kinerjanya.

  10. tapi janji tinggal janji …. πŸ˜₯
    mudah-mudahan betul …..

    saya sudah mengusulkan berkas tunjangan profesionalnya – mungkin april ini sudah bisa dicairkan seiring dengan terbitnya Sertifikat Pendidik

  11. Sandia berkata:

    Tunjangan Profesi Guru akan cair tiap bulan??? Bener tuh? Kalau denger janji pejabat, rasanya koq pesimis ya, janjinya bisa betul betul direalisir.

  12. untuk guru yang lulus sertifikasi tahun 2008 sekarang masih tahap pengumpulan data ke LPMP untuk diterbitkan sertifikat pendidik. Jika sertifikat pendidik sudah sampai maka akan dilakukan pembayaran tunjangan profesional tersebut πŸ˜€

  13. mobil juga perlu, sebab kalo kehujanan jangan sampe gurunya nggak datang karena baru rajin ngredit sepeda motor baru melulu setiap tahun πŸ˜€

    internet sudah ada di sekolah, beli buku baru sudah disiapkan di perpustakaan sekolah dan perpustakaan daerah, sekarang zamannya mengunduh bahan dari dunia maya yang selalu disiapkan di forum dan buletin guru online.

    Juga biar makin lama make internet di rumah biar kuat bayar tagihan internet sampe sejuta πŸ˜†

  14. Orang Bijak berkata:

    Berbahagialah para guru….jangan inferior lagi dalam menapaki hidup. Maksud pemerintah membayar TPG tiap bulan, agar guru selain rajin mengajar, juga rajin beli buku, berlangganan internet dan sejenisnya. Jangan untuk beli mobil dulu…..

    orang bijak selama ini cuma bisa menulis saja, belum ada yang bisa melakukan apa yang dituliskan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s