Membedah Akuarium

Setelah seminggu lebih saya memelihara ikan dan membelikan akuarium seukuran 54 ribu centimeter kubik, hari ini saya mengadakan kegiatan cleaning service terhadap filter bagian atas berupa spons kapas yang saya pasang tiga lapis dan dicuci dengan air hangat.

Tercium bau amis khas ikan dan sedikit lendir atau kita sebut saja plasma, hasil sisa kotoran ikan. Yang berwarna kehijau-hijauan agak keruh, kemudian air akuarium saya sedot hingga tersisa 40% dari volume keseluruhan volume kolam yang kalau diukur dengan ember besar sekitar tersisa 1/4 bagian ember yang berisi udara. Yang kemudian saya isikan dengan air dari sisa hujan semalam hingga batas 1/5 bagian dari akuarium tidak terisi air. Agar jatuhnya air dari top filter menghasilkan suara gemericik yang khas.

Kemudian ikan-ikan itu dibiarkan berenang di dalam kolam dengan tetap menghidupkan filter dan aerator, disini saya mencoba memasukkan sejumput garam laut (ukuran kasar di dalam filter dengan harapan akan ada garam terlarut saat pengurasan kolam).

Semula saya takut akan kematian ikan-ikan ini yang baru berjumlah 8 ekor, eh ternyata setelah lewat dari 24 jam, tidak ada kekuatiran tersebut terjadi, yang terjadi adalah ikan-ikan semakin aktif berenang dan bermain-main.

Saya menggunakan pakan ikan dari merek OSAKA (ini rekomendasi Toko Olala jalan Seth Adjie Palangka Raya)

Membedah Akuarium

Satu pemikiran pada “Membedah Akuarium

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s