Pengumuman Hasil Kelulusan SMP 2008

Dengan tidak jauh berbeda dibandingkan pengumuman kelulusan SMA,
pengumuman kelulusan SMP/MTs tahun ini pun diprediksi tidak mengalami perbedaan yang signifikan

Apalagi sekian banyak SMP dan MTs di Palangka Raya sudah mendapatkan predikat Sekolah Standar Nasional πŸ˜€

Kemarin siang salah satu MTs terkenal di kota ini barusan mengadakan Acara perpisahan, eh rameeeeee banget !!! Kepseknya kebetulan teman (halah)

Apalagi yang kurang dan tidak memberi kesan positif maka dengan keyakinan tersebut saya menduga sekitar 96%-97% tingkat kelulusan SMP (terutama untuk SMP Negeri). Berita sebenarnya adalah disini, silakan membacanya :

PALANGKA RAYA – Sebanyak 463 pelajar SMP se-Kalteng dinyatakan tidak lulus ujian nasional (UN). Akibatnya, mereka terpaksa tidak bisa melanjutkan pendidikannya di tingkat SMA dan harus mengulang setahun lagi atau ikut ujian paket B dengan ijazah kesetaraan yang diselenggarakan pada 1-3 Juli 2008 mendatang.

Dari angka itu, Kepala Dinas Pendidikan Kalteng, Drs Hary Rampay menjelaskan, bahwa kelulusan tahun ini jauh meningkat dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2007 hanya 93 persen saja. Tahun 2008 ini mencapai 98 persen, atau naik lima persen.

β€œPadahal sebelumnya mata pelajaran yang diujikan hanya tiga saja. Sekarang, yang diujikan sebanyak empat mata pelajaran. Jika dipersentasekan, berarti peningkatan tidak hanya dari segi kuantitas tapi, juga kualitas,” ungkap Hardy, saat meninjau pengumuman kelulusan di SMPN 2 Pahandut, Sabtu (21/6) kemarin.

lanjutannya di kaltengpos.com

Jika melihat keadaan SMP/MTs swasta di Kota ini, rasanya angka 96% sulit sekali dicapai kecuali karena Mukzizat ! atau memang karena sektor swasta membutuhkan partisipan dari masyarakat sehingga harus berlomba-lomba untuk meluluskan siswanya juga (faktor ekonomis tentu saja). Karena kalo banyak yang tak lulus dikuatirkan akan berkurang dan menurunlah peminat masuk ke SMP tersebut. Nah ini sepertinya harus ada penelitian maupun kajian survei statistik untuk memperkuat hipotesis. Bukan mau memojokkan atau memperburuk keadaan, namun justru seperti iklan salah satu Sabun Cuci “Kalo Tidak Kotor Bukan Belajar Namanya” πŸ˜€

Ataukah ada alasan lain, masih seperti iklan sabun cuci juga “Seperti mengucek dengan sembilan tangan” atau iklan lain “Ngapain repot kalo bisa di segala tempat” πŸ˜†

Nah seperti itulah gambaran kelulusan ini, saya pikir untuk yang SMA juga sama. O ya, besok juga bertepatan dengan pengumuman UASBN (Ujian Nasional SD, nah rame pulak tu) Saya belum punya gambaran jelas tentang yang SD ini, karena pasti siswanya lulus semua 😯 πŸ˜† hahahahaha

Namun yang patut diacungi jempol sementara ini untuk SMP Swasta adalah Almamater saya dulu, SMP Katolik St. Paulus, kalo yang ini berbeda yoa beda banget. Entah sekarang ? ❓

πŸ˜†

analisisnya hampir pas, cuma fakta berkata lain. Apakah kejadian fenomenal ini akan bertahan jika Yang dipertuan agung ini yang rajin berbicara dan beliau yang sangat press friendly tidak lagi berada di kursi ergonomisnya yang empuk ? Ataukah sekolah hanya main sulap bencana ? Tanya Mengapa Bisa ?

πŸ˜†

Pengumuman Hasil Kelulusan SMP 2008

5 pemikiran pada “Pengumuman Hasil Kelulusan SMP 2008

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s