Penerimaan Siswa Baru 2008/2009 di SMADA

Dinas pendidikan Kota Palangka Raya dengan kepalanya Drs. Guntur Talajan, MPd menghimbau dengan keras kepada Kepala Sekolah dan Panitia Penerimaan Murid Baru (Siswa Baru) tahun pelajaran 2008/2009 agar jangan sampai terjadi pemberitaan dan muncul di masyarakat tentang adanya pungutan liar dengan alasan untuk menerima siswa baru di sekolahnya. Dalam jumpa pers (jumat 13 juni 2008 8) perihal koordinasi PPDB = penerimaan peserta didik baru tahun 2008 di Palangka Raya.

Karena ini tugas rutin tiap tahun, kegiatan tahunan lah ungkapnya demikian, tentunya para Kepsek dan panitia sudah memiliki program yang matang untuk diperbaiki setiap ada kelemahan sistemnya (malah semakin membaiknya sistem punglinya πŸ˜† kan ?) Namun perlu dicermati lagi, bagaimana yang merupakan pemberian sukarela atau sering istilahnya ucapan terima kasih, apakah termasuk gratifikasi ? Ini juga termasuk pungli kan ?

Jika mau dicermati lagi lebih jeli, setelah PPDB berlangsung dan telah selesai, rata-rata personel panitianya akan memiliki motor baru, jam tangan baru, tas baru, perhiasan baru, laptop baru, biaya renovasi rumah karena memang jujur … gratifikasi ini sangat membantu dapur operasional para anggota panitia PPDB … πŸ˜€ halah ! Apalagi jika dibiakkan dari atasan yang lebih tinggi lagi lapisannya .. mah ini rahasia umum toh !

Pendaftaran peserta didik baru tidak akan dikenai biaya mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, SMK (kecuali TK karena tidak dibahas πŸ˜€ ). Khusus dalam Masa Orientasi Siswa (MOS) … mustinya ada tiap tahun sebagai kegiatan awal penggemblengan dan pembinaan ala premanisme sekolah (liat cerita Genk Nero di Pati Jawa Tengah) mungkin ini perlu ditinjau ulang jika ada kegiatan yang hanya dilakukan oleh siswa semata …

terutama jika tidak ada kesepakatan antara Kepala Sekolah, Komite Sekolah dan panitia MOS lokal. (halah!) πŸ˜€ yang pasti MOS harus tetap ada !!! apapun itu alasannya kecuali atas perintah Kadis ditiadakan barulah akan tiada dilaksanakan !

Mengacu pada Perda Kota Palangka Raya No. 20 tahun 2007 pasal 140 ayat 5 tentang biaya operasional pendidikan adalah dana pendidikan yang dikeluarkan oleh peserta didik atau orang tua maupun wali murid untuk membiayai pendidikan, di luar biaya operasional satuan pendidikan sehingga dengan biaya yang disetor ini peserta didik dapat mengikuti kegiatan pembelajaran secara teratur dan berkelanjutan, biaya yang dibayarkan sesuai aturan perda ini antara lain baju seragam, transport peserta didik, tas sekolah, sepatu sekolah, konsumsi, asuransi kesehatan, akomodasi, dan biaya pribadi peserta didik lainnya.

Pada ayat 7, pendanaan pendidikan menjadi tanggung jawab BERSAMA antara PEMERINTAH, PEMERINTAH DAERAH, dan MASYARAKAT. Peraturan ini akan dikuat dengan Peraturan Walikota Palangka Raya yang sedang digodok di bagian Hukum Pemerintah Kota Palangka Raya tentang Penerimaan Siswa Baru Tahun 2008/2009.

Juknis penetapan jumlah kelas, sedang dibahas dengan MKKS (Musyarawah Kerja Kepala Sekolah) se-Kota Palangka Raya dalam waktu dekat ini dan konsepnya segera akan disosialisasikan secepatnya.

Khusus untuk sekolah yang memiliki otonomi sendiri seperti SMP Negeri 2 Pahandut, kewenangan penerimaan siswa baru diserahkan sepenuhnya dengan pengawasan khusus kepada Kepala Sekolahnya sebab sekolah ini “konon” sekolah bertaraf Internasional ! Dinas pendidikan dalam hal ini tidak mencampuri namun hanya mengawasi, (sejauh mana adonannya pas dan rasanya enak saat dibakar !) sehingga upaya penerimaan siswa barunya transparan, akuntabel, dan tepat sesuai ketentuan yang berlaku.

disarikatakan dari Kalteng Pos, Sabtu, 14 Juni 2008 pukul 13.00 wib

Penerimaan Siswa Baru 2008/2009 di SMADA

Satu pemikiran pada “Penerimaan Siswa Baru 2008/2009 di SMADA

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s