UN 2009 menjadi Tiket Masuk PTN

Berita di Kalteng Pos, Minggu 4 Mei 2008 benar-benar bikin shock niy ….

Direncanakan tahun pelajaran 2009, entah yang mana, apa 2008/2009 atau 2009/2010, hasil Ujian Nasional akan dijadikan tiket masuk ke Perguruan Tinggi Negeri sehingga mulai tahun ini program nasional negara yaitu Ujian Nasional dan prosedurnya akan disinkronkan dengan penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri … dikatakan oleh Direktur Tendik Dr. Fasli Djalal saat mengikuti talk show di Warung Daun, Kemang Jakarta dalam tajuk acara Carut Marut Ujian Nasional.

Sepertinya ini benar-benar rencana hebat, namun perlu disayangkan, karena para pemimpin di daerah cuma maunya mendengar siswa yang lulus UN harus mencapai 100% tanpa pernah mau tahu bagaimana meningkatkan mutu kualitas lulusan siswa, dengan memenuhi kesiapan sarana dan prasarana pendidikan, gedung sekolah, perpustakaan, laboratorium dan juga peningkatan mutu guru (jangan cuma melalui sertifikasi guru doang dong) tambahkan juga kesejahteraannya dan juga pemerataan pendidikan kepada seluruh warga negara Indonesia tercinta ini.

Tahun ini, ITB mengkaji lulusan SMA berdasarkan hasil UN 2008 (semoga berita ini bukan asal nulis di koran, silakan akses ke Kaltengpos.com pada berita minggu )

Sepertinya ide ini adalah bagian dari kampanye tahun 2009 kayaknya .

masih sangat memprihatinkan, apalagi kasus di SMA Negeri 2 Lubuk Pakam dimana 17 orang guru “tertangkap tangan” melakukan kecurangan dengan mengubah jawaban siswanya, dan saya yakin hal ini hanyalah puncak dari sebuah gunung es besar kecurangan untuk mendukung suksesnya ujian nasional. Kami mendapati beberapa bukti, pelanggaran yang juga sudah dicatat oleh Tim Pemantau (yang kerjanya cuma mencatat) … antara lain :

  • Siswa masih bisa membawa ponsel ke dalam ruang ujian (kecuali di SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya)
  • Amplop LJUN tidak disegel dan tidak dilem saat berada di dalam ruang ujian (kecuali di SMAN-3 Jekan Raya)
  • Masih ada dalih untuk mengoreksi pengisian lembar jawaban siswa oleh Panitia Ujian Sekolah (semua sekolah loh)
  • Pengawas tetap diperbolehkan mengaktifkan ponsel selama dalam ruang ujian (walaupun tidak ada kesempatan ber-sms kecuali menerima telepon itupun pake ringtone yang cukup keras dan memekakkan telinga memangnya nggak tau ya bisa di-vibrate-kan)
  • Ada struktur / modus operandi yang sama dari tahun ke tahun oleh Panitia Ujian Sekolah untuk berusaha membantu siswanya hingga sampai detik terakhir pelaksanaan ujian nasional 2008

Pertanyaan sanubari sekarang, siapkah kita jika suatu saat anak kita sendiri tidak lulus UN karena ulah idealis guru yang tidak bisa berkolaborasi seperti paparan di atas ? (ini menurut pandangan salah seorang teman saya yang juga menjadi panitia ujian sekolah, guru bahasa, saat anaknya yang sekarang ini mengikuti ujian nasional)

Saya balik pertanyaannya, “Apakah hal ini juga berlaku atas salah seorang teman kita, yang guru matematika, yang anaknya malah tidak lulus UN pada pelajaran yang menjadi mayoritas saat itu yang cuma 3 mapel ? KEMANA hati nurani anda saat itu terjadi, apakah karena anak anda belum ujian ? atau karena dosa teman kita ini yang memojokkan sekolah dalam kecurangan-kecurangan dan kemunafikan mengelola sekolah pada tahun 2002-2006 ?

Beliau hanya bisa terdiam tak bisa melanjutkan pembicaraan😡👿 😯 — terus ngeloyor pergi dengan alasan aku mau ngurus sertifikasi ah … sama saya juga sedang ngurus sertifikasi koq. ?

UN 2009 menjadi Tiket Masuk PTN

19 pemikiran pada “UN 2009 menjadi Tiket Masuk PTN

  1. julakbanjar berkata:

    HAI BOS MASIH INGATKAH SAMA SAYA ORANG BANJAR PAL 7 ( http://nadiaztonama.wordpress.com ) setahun yg lalu kesasar dirimba maya blog anda ( http://www.alexa.com/siteinfo/http%3A%2F%2FRudyhilkya.wordpress.com ) banyakkah dapat komentar spam?, aku sudah dapat 35800.

    oya lah … wal … apa kabar wayah ini, sekalian nah bekunjung balewat anjir ni kaina .. mulai tahun 2009 ni. ada kabar apa ? mun komentar spam hanyar kurang dari 400-an hehehe😆
    tumbenan nah ?

  2. @nadiaztonama : rata-rata kunjungan cuma 200-an sampe 400-an ja tergantung judul dan titel blog yang ditulis pank …
    kadang-kadang bisa 1000-2000 klik hehehe

  3. @nadiaztonama : hahahaha …. lucu benar niy orang banjar pal 7
    baidewei toko Ani yang mana lah, yang aku ingat toko Ani yang jualan kertas … eh kayaknya aku kenal niy, cuma fotonya rada buram …
    kada apa-apa ja ai ai
    ada jua orang banjar nan mantap kayak Pian ….
    palagi menulis blog pake hape wah hebat tuh

    salam buat orang banjar pal 7
    tapi niy banjarbaru kah ?

  4. nadiaztonama berkata:

    SALAM KENAL DARI NADIAZTONAMA, SEMOGA ANAK ASUH BAPAK LULUS SEMUA, MAAF MAU TANYA NIH, BAPAK KENALKAH DENGAN BOS TOKO “ANI” ORANG BANJAR KERTAK HANYAR PAL 7, DIA JUALAN ALAT TULIS, OH YA BANYAK BETUL GAMBARNYA DIBLOG INI, TAPI SAYA TERUS TERANG TIDAK MELIHATNYA SEPERTI DIBLOG SAYA TIDAK BISA MELIHAT GAMBAR, SEBAB SAYA BELUM SANGGUP MEMBUKA GAMBAR, MAKLUMLAH ORANG BARU, KALAU BOLEH TANYA BERAPA KALI BLOG ANDA DIKLIK RATA2 PERHARINYA, TERIMA KASIH ANDA TELAH MENGUJUNGI BLOGKU JUGA. SALAM PERKENALAN DARI SAYA,

    DARI: ORANG BANJAR PAL 7

    NB: WAKTU SAYA NULIS INI SISA PULSA RP1260.45 PULSA SMS RP.O.AKTIF S/D 18/07//08.PAKET SMS 0 S/D.BONUS SMS 0.I-RING MINGGUAN RP2900+PPN.KTK MG KODELAGU KE 808

    =

  5. 2 adhecs : tertangkap tangan belum ada, entah kapan. Namun kalo tertangkap mata sering sudah de😆

    2 malinda : bukan rahasia lagi koq, udah jadi konsumsi umum bahwa akibat UN yang demikian njelimet dan rumit dan susah dan kental dengan aroma birokrasi menjadikan sekolahan juga kena getah bahkan ada yang sudah menuai sambal biar bisa beli motor😆
    so UN 2009 nggak janji dech …
    yang penting lulus gimana dong cara legalitasnya ?❓

  6. Malinda berkata:

    wew… membuka rahasia… psssttt…

    biasa aja kali…
    sistem nya udah rusak, gak salah toh kalo orang-orangnya juga rusak
    UAN is bullshit…
    proyek pemerintah yang gak jelas…
    mending pake sistem kompetensi + skripsi aja lah…
    katanya KBK…

  7. “SMA Negeri 2 Lubuk Pakam dimana 17 orang guru “tertangkap tangan” melakukan kecurangan”

    Di SMA Negeri 2 Pahandut ada yg tertangkap tangan juga ga pak,,??hee,,;p

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s