Penimbun BBM

Kelangkaan BBM mendorong adanya aksi jual yang tidak wajar menggunakan momen kebutuhan darurat orang lain. Setelah disinyalir kelangkaan premium di tingkat pengecer mulai Jumat, 14-12-2007 maka pada hari Sabtu dan Minggu 15-16 desember 2007 dipicu keadaan mengejar untung para spekulan yang terdiri dari para sopir angkot, buruh migran, tukang ojek sampai mahasiswa dan siswa SMA serta beberapa oknum pedagang melakukan aksi beli premium secara antri berulang-ulang dengan membentuk sindikasi terdiri dari 4-6 motor sekaligus untuk kemudian dijual kembali dengan harga tinggi. Beberapa orang hingga hari ini telah 46 oknum diamankan karena kegiatan ekonomi yang dilakukannya meresahkan warga lain dan memicu kelangkaan Bensin premium. Dalam kejadian ini belum setitik pun disinyalir adanya indikasi permainan oleh oknum aparat maupun operator SPBU yang juga menerima bayaran lebih saat mengisikan premium ke dalam jerigen plastik 20 literan (kemarin saya amati dan turut antrian tidak satu pun spekulan berani nekad seperti itu karena pasti dijadikan tumbal oleh ratusan hingga ribuan antriwan dan antriwati)

Tercatat 36 kendaraan yang terdiri dari 6 kendaraan roda 2 dan 30 kendaraan roda 4 tertangkap tangan mengantre sebanyak berkali-kali dan disinyalir BBM yang diperoleh dari hasil antrian dijual kembali dengan harga yang tinggi. Hal ini bertentangan dengan UU No. 8/1999 tentang perlindungan konsumen pada bagian “Menimbun barang hingga menyebabkan kerugian dan mengambil keuntungan terlalu tinggi sama dengan tindakan merugikan konsumen”. Dapat diancam dengan hukum pidana dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Sepertinya kita memang harus menunggu untuk seminggu lagi tanpa antre BBM, untuk tips antri silakan baca postingan saya sebelum tulisan ini.

Penimbun BBM

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s