IPDN BUBAR – CPNS DICARI

Headline koran Oloh Itah andaw tuh, menerewen toto haw. Laleha kea jie IPDN tuh nah telengas kea katada jadi mauyuh oloh are. Are kawan kula jalahan, aken pahari, anak esu jie lagi kuliah hung hete manjadi bubar. Jatun tinai kamenteng oloh bakas jie manyakulan anake hung sakula te manjadi. Keleh amun keleh kilau tuh nah ding.

Itulah umpatan orang-orang di kota kami yang kecil dan penduduknya sedikit, Palangka Raya saat membaca tentang pembubaran IPDN, sungguh memprihatinkan dan mengenaskan sekali. Saudara-saudara sepupu, teman-teman, bahkan murid-murid saya telah lulus dan sudah menjadi staf birokrat hingga menjabat lurah dan jabatan bergengsi lainnya berasal dari institusi pendidikan tersebut. Betapa bangganya mereka dulu, walau sekarang dikenal sebagai tempat sarang cuci otak, doktrinasi, demi alasan ketahanan mental sang pemimpin bangsa, Telah teruji lahir batin hingga sering di”hajar” jika dulu sesama senior-junior sekarang antara pengasuh-praja binaan …. hmmmmm mau apa lagi. Terutama setelah kejadian pemukulan terhadap tukang ojek di Jatinangor menyebabkan demo besar-besaran warga akibat kesewenangan praja ini. weleh weleh

Serba masih gelap mata, praja-praja dituntut harus segera lulus sampai tahun 2009…. berarti masih ada dua tahun lagi penderitaan itu mereka alami dan nikmati 😦
Betapa perih dan hancur hati orang tua melihat anaknya dianiaya dalam kungkungan seragam, dan gengsi serta kebanggaan semu dalam kain coklat khaki. (saya juga memakai seragam yang sama, tapi kenapa rasanya koq berbeda dengan yang dipasang emblem para dan satuan di dada ?)
Katanya kebiasaan – tradisi – apakah mesti harus ada yang mati menjadi korban ?

Mahasiswa IPDN kelak yang berubah nama menjadi IIP (Institut Ilmu Pemerintahan) tidak lagi mengalami kemudahan langsung diangkat sebagai CPNS tetapi ada aturan lucu, karena ini sekolah kedinasan…. mereka tidak langsung diangkat namun tetap mendapat uang saku …. heh sekolah macam mana pulak ini ????

Untuk Kota Palangka Raya, pada tahun anggaran 2007/2008 sebagai bahan rekrutmen pegawai baru (aparatur negara) dengan gaji yang naik 20% dari gaji pokok sekarang ditambah kabar bin kabar kenaikan adanya tunjangan khusus daerah (saya duga tidak lebih dari Rp 200 ribu/ bulan/orang malahan bisa lebih kecil dari itu) berjubel akan peminat. Saat ini jumlah PNS dalam Kota Palangka Raya (termasuk saya dan istri) berjumlah 5669 orang, dengan dominasi tenaga pendidik sebanyak 3.592 orang. Dinas Kesehatan sebanyak 479 orang dan sisanya 1.598 orang tersebar di berbagai instansi pemerintah dan badan (Satuan Kerja Perangkat Daerah). Sebenarnya rekrtumen CPNS akan dilaksanakan pada bulan nopember 2007 tetapi rupanya diundur menjadi sekitar Januari Februari 2008, sebagian besar yang dicari adalah tenaga pendidik (guru) dan yang lain akan diletakkan di Dinas Sosial, Bapedalda, serta Badan teknis daerah lainnya. Mengenai jumlah kuota dalam formasi yang dicari belum disebutkan …..

Syarat-syarat umum : KTP dengan domisili Palangka Raya minimal 6 bulan sebelum diadakan tes (ini hanya akal-akalan), Surat Tanda Pencari Kerja (Kartu Kuning), Ijazah Sarjana yang diperlukan sesuai latar belakang, Surat Kelakuan Baik dari Kepolisian, Transkrip Nilai, Surat Keterangan Berbadan Sehat, dan lain-lain. Sisanya adalah upaya si pencari kerja mencari nasib baik.

IPDN BUBAR – CPNS DICARI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s