Menyalip Kendaraan

Kebiasaan yang saya amati sejak pertengahan tahun 2007 di mana saya sudah mengendarai mobil yaitu masih banyak dan sampai sekarang kebiasaan yang tidak santun juga cara-cara mendahului kendaraan di jalanan lintas luar kota yang semena-mena. Ada perbedaan yang mendasar pada cara-cara dan ciri-ciri mendahului kendaraan di Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Selatan dan juga arah-arah pada lintas selatan, lintas timur dan lintas utara. Karena masing-masing memiliki keunikan sendiri tergantung dengan kondisi dan kontur jalan serta lebar dan sempitnya jalan yang tersedia.

Berikut ini adalah pengalaman-pengalaman yang saya rangkum dan rujuk ke info otomotif serta astraworld yang telah menyusun tips-tips mendahului kendaraan (baik roda 2, roda 3, roda 4 hingga roda 8 dan roda 12).

 

Ada beberapa hal yang saya tuliskan ini akan berbeda dengan kebiasaan umum di jalanan Pulau Jawa, Sumatera atau Sulawesi

  1. Jika hendak mendahului sebuah kendaraan di depan kita, periksalah dahulu jalur kanan yang akan dipakai melaju. Pastikan bahwa jalur tersebut cukup muat untuk dilalui kendaraan yang kita pakai serta tidak diokupasi oleh kendaraan yang diperuntukkan bagi jalur dimaksud. 
  2. Setelah jalur kanan untuk mendahului terlihat aman, kemudian nyalakan lampu kedip serta berilah tanda lampu dim kepada mobil yang akan anda dahului agar kendaraan yang sedang di belakang anda tidak kaget dengan gerakan tiba-tiba atau bisa juga kendaraan di belakang anda turut mendahului mengikuti gerakan salipan yang anda lakukan. 
  3. Pastikan juga kendaraan yang anda dahului dalam keadaan mengurangi kecepatan dan menerima kendaraannya didahului karena kadang kala kendaraan yang ingin didahului dikendarai oleh pengemudi yang emosional dan enggan mengalah untuk didahului. 
  4. Jika anda menemukan pengemudi yang enggan untuk didahului mungkin karena beberapa sebab, antara lain: kendaraan yang ada di depan anda pun menunggu untuk mendahului kendaraan yang ada di depannya atau jalan yang tengah dilalui adalah jalan berlubang, jalan rusak, jalanan sempit, jalanan yang banyak dikupas sehingga kotak-kotak menganga dan pasti juga pengemudi tersebut tidak mau mengalah. 
  5. Jika Anda melihat kendaraan yang ada di depan tidak mau mengalah sebaiknya anda menunggu jalan yang agak lebar untuk mendahului sekencang-kencangnya dan awasi bahwa gigi persneling yang anda gunakan untuk mendahului kendaraan tersebut selalu gigi rendah atau satu level lebih rendah dibandingkan persneling yang anda gunakan untuk melaju. Hal ini dikarenakan torsi gigi rendah lebih besar dan memberi anda akselerasi yang memungkinkan kendaraan anda untuk melaju. 
  6. Jika semua indikator nomor 1-5 di atas tidak terpenuhi, maka trik ke-6 adalah trik yang sangat berbahaya untuk dilakukan oleh orang awam terutama yang baru bisa menyetir mobil eh sudah memaksa diri ke luar kota. Trik ini membutuhkan kewaspadaan dan kehati-hatian serta kenekatan tingkat tinggi sebab cara menyalip kendaraan melalui ruas sebelah kiri. Yaitu caranya seperti rambu nomor 1-5 tapi jalur yang dipakai adalah ruas kiri kendaraan yang ingin didahului. Umumnya cara ini berlaku di Kalimantan Selatan dan tokcer. Manjur. 
  7. Jika anda berkendaraan ke lintas timur sebaiknya anda jangan mendahului truk karena di lintas timur dari Palangka Raya menuju Kasongan, Sampit, Pangkalan Bun, Sukamara hingga Lamandau adalah jalanan rata beraspal dan menjadi surga kebut-kebutan bagi kendaraan besar. Sebaiknya berkendara yang sabar saja sepanjang lintasan tersebut. Bukankah lebih aman jika berkendara dengan tenang sebab keluarga menanti di rumah senantiasa ? 
  8. Jika berada di lintas utara dari Palangka Raya ke Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara hingga Murung Raya sebaiknya anda mempersiapkan kendaraan dengan full inspection terutama persneling, roda-roda, kekuatan ban, dan kondisi keseimbangan mobil. Karena jalanan yang dihadapi umumnya berbatu-batu, berbukit-bukit, dan tidak terlalu banyak beraspal. Saran saya sebaiknya menggunakan cara di indikator ke-7 saja. Lebih aman tenang dan sabar, kecuali jika anda sendirian yang berada di jalanan tersebut silakan saja digeber. Tapi perhatikan pada jalur yang sepi pelintas jalan kaki akan lebih leluasa menyeberang tanpa memperhatikan kendaraan yang berlalu lalang karena itu di lintas utara Kalimantan Tengah lebih sering terjadi kecelakaan mobil terbalik karena rem mendadak dan bukan saling bertabrakan sebab keadaan tikungan dan pelintas jalan yang serba tidak dapat diduga serta minimnya rambu-rambu lalulintas yang dipasang aparat dinas terkait dengan jalan dan lalu lintas. 
Semoga cara berkendaraan seperti ini membawa anda sampai ke tujuan dengan selamat dan selamat menikmati perjalanan Anda dengan mengendarai mobil di Kalimantan Tengah maupun Kalimantan Selatan. 

Perihal fisikarudy
better unleashed words than silence or never at all

Komentar ditutup.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.480 pengikut lainnya.